Knowledgle management, apakah itu??

Knowledge management telah menjadi istilah yang maknanya bisa sekehendak hati setiap orang. Namun kali ini coba kita fokuskan pada opini pendiri dan ketua umum perusahaan Microsoft, Bill Gates.


Menurut Gates, knowledge management dimulai dengan tujuan bisnis dan proses-proses serta pengakuan tentang perlu-nya berbagai informasi. Knowledge management tidak lebih dari mengelola aliran informasi, menyampaikan informasi yang benar kepada orang yang membutuhkannya sehingga mereka dapat bertindak sesegera mungkin. Knowledge management dapat membantu perusahaan manapun dalam empat aspek pokok: perencanaan ,layanan pelanggan, pelatihan, dan kolaborasi proyek (Gates, 1999).

Sebagai contoh, Coca-cola sebagai salah satu perusahaan pertama yang menyelenggarakan komunikasi mendunia dengan sistem digital. Dimana semua informasi yang diperoleh memungkinkan Coca-cola mengembangkan perencanaan, layanan, pelatihan tanpa batas dan kolaborasi antar negara. Knowledge management dalam perusahaan ini juga merupakan pertimbangan dalam penilaian prestasi kerja dan proses evaluasi. Sebagai hasilnya kini hampir semua orang di muka bumi ini mengetahui Coca-cola sebagai sebuah minuman ringan yang sukses di pasar internasional

3 komentar:

Sisca Pratiwi mengatakan...

Waw, penjelasan yang menarik sat. Simple, but really applicable. Hehe... Maksudnya "segitunya"? Emang tau maksudnya "another"? Hehe... GBU.

Anonim mengatakan...

WOw, kind of cool^^
Btw, lets struggle in KM ;-)

Regards,
Nicholas

Md Santo mengatakan...

Sehubungan dg pemahaman KM, saya atas nama PT Mobee dg PT BlueMoon Tech sbg holding company mengajak anda ber"social networking", "active colaboration" dan saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Situs menyediakan "explicit knowledge" atau pengalaman/pencapaian PT Mobee sebagai bahan awal forum/diskusi/blog dsb, tapi diharapkan selanjutnya juga menerima bahan-bahan dari luar Mobee untuk diskusi yg lebih luas. Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( OUR KNOWLEDGE MAP )

Terima kasih

Md Santo
Knowledge Manager Mobee & BlueMoon Tech